Senin, 01 Mei 2017

Menciptakan Pojok Kreatif di Kamar bersama ACE Hardware

Foto: acehardware.co.id


Rumah yang nyaman adalah yang memeluk jiwa-jiwa penghuninya dan menaungi mimpi orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Kesibukan saya sehari-harinya adalah menjadi ibu dan blogger. Menulis menjadi ajang aktulisasi diri dan “Me Time” bagi saya. Saat ini saya juga sedang berencana menulis buku baru. Jadi, bisa dibilang saya bekerja dari rumah. Sedangkan suami saya pekerjaan tetapnya adalah sebagai karyawan swasta di sebuah perusahaan pengembang properti. Namun, ia juga bekerja sambilan sebagai desainer grafis. Sehingga, rumah bagi saya dan suami, selain sebagai tempat tinggal, juga sebagai tempat bekerja dan berkarya. Saya sedikit membedakan antara bekerja dengan berkarya, karena dalam berkarya selalu ada kreativitas yang dikedepankan.
Creative corner di kamar kami. Foto: Aprillia Ramadhina

Karena kami tidak punya ruang khusus di rumah untuk bekerja, kami membuatnya di dalam kamar tidur. Kami menamakannya pojok kreatif atau creative corner karena letaknya memang di bagian pojok ruangan. Area ini tidak terlalu luas dan seperti ruang bekerja pada umumnya, terdapat sebuah meja dan kursi. Berikut ini 5 langkah mudah yang kami lakukan dalam menciptakan pojok kreatif di dalam kamar agar tetap nyaman dan mampu merangsang kreativitas.


Dekat Jendela

Sumber: decoist.com

Saya selalu merasa menulis dekat jendela selalu berhasil mendatangkan inspirasi. Melihat pemandangan di luar rumah dan merasakan sinar matahari langsung membuat pikiran menjadi lebih segar untuk menciptakan ide-ide baru.


Letakkan Foto Keluarga dan Benda yang Memotivasi

Bingkai foto yang cocok untuk pajang foto keluarga. Lokasi: ACE Hardware Mall Bale Kota Tangerang. Foto: Aprillia Ramadhina

Saya meletakkan foto saya dan suami di meja kerja. Karena kami belum mencetak foto anak kami, maka saya menggantinya dengan menaruh sepatu mungil miliknya di samping foto kami berdua. Hal ini berguna sebagai pengingat untuk siapa saya mempersembahkan karya saya.


Powerful Words on Inspirational Board

Notice board kaya gini bisa buat tempel kata-kata dan gambar-gambar yang memotivasi nih! Lokasi: Ace Hardware Mall Bale Kota Tangerang. Foto: Aprillia Ramadhina


Menjadi kreatif itu bukan bakat, tapi bisa dilatih dan dibiasakan. Karena itu butuh juga stimulus dari luar, salah satunya dari kata-kata inspiratif. Saya menempelkan kalimat-kalimat yang membangun semangat di papan yang saya tempel di tembok tepat di atas meja kerja.


Galeri Keberhasilan

Sumber: hgtv.com

Rumah adalah tempat kita menaruh benda-benda kenangan. Segala bentuk keberhasilan pasti kita taruh di rumah sebagai penanda, bahwa kita pernah melalui sebuah kesuksesasan yang diraih dengan perjuangan. Saya meletakkan foto saya sewaktu wisuda dan memajang penghargaan-penghargaan dari prestasi menulis saya di dekat inspirational boards. Memajang penghargaan yang pernah diraih membuat saya lebih terpacu untuk berkarya lebih baik lagi.


Penerangan yang Cukup

Table lamp dengan desain modern + retro yang bikin creative corner semakin atraktif. Lokasi: ACE Hardware Mall Bale Kota Tangerang. Foto: Aprillia Ramadhina


Lampu kamar tidur kami sengaja tidak terlalu terang agar kami bisa beristirahat dengan nyaman. Sementara di creative corner dibutuhkan penerangan yang cukup karena ide seringkali muncul tiba-tiba di malam hari. Untuk itu, kami perlu punya table lamp. Saya inginnya table lamp yang desainnya modern dan sedikit bernuansa industrial. Ternyata barang yang saya mau ada di ACE Hardware! Harganya juga sangat terjangkau. Untungnya lagi Ace sangat mudah ditemukan di mall-mall yang dekat dengan rumah saya di Tangerang. Sungguh ACE Hardware memang benar-benar #HelpfulPlace!


Menciptakan area kreatif di rumah bisa di bagian mana saja. Tentunya, lebih enak lagi kalau kamu memang membuat area kreatif di ruang khusus dan tidak bercampur dengan ruangan lain. Supaya kamu lebih fokus dan kondusif berkarya. Jangan lupa, apa pun tema creative space di rumah kamu, cari dekorasinya di ACE Hardware, ya!

*Tulisan ini diikutsertakan dalam ACE Writing Contest - #HelpfulPlace

4 komentar:

  1. Akuu sukaa banget mbaak main ke ACE hardware. . Bagus elgan dan antik" gtuu barangnyaa. . 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa enaknya lg ace bnyk d mall2 jd gampang ditemuin

      Hapus
  2. Trims loh tipsnya. Pas banget, kalo saya udah punya meja kerja sendiri, sebisa mungkin ngikutin tips diatas.... Nice sharing. BTW kayaknya pojok kreatifnya mba April oke punya tuh, hehehe... Pantas aja udah banyak karya yang lahir dari creative corner ala April

    BalasHapus